Visi, Misi, Tujuan

VISI

Pada tahun 2025 program studi PGSD diakui di tingkat Asia sebagai program studi yang menghasilkan pendidik dan peneliti pendidikan di tingkat sekolah dasar yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan, dalam pendidikan anak berbasis keberagaman dan literasi sesuai perkembangan ipteks yang berwawasan kebangsaan Indonesia.

MISI

1. Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan peneliti pendidikan di tingkat sekolah dasar yang profesional.

2. Melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni (IPTEKS) dalam pendidikan di sekolah dasar, serta menyebarluaskan hasil-hasilnya untuk menjawab kebutuhan masyarakat di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bercorak ke-SD-an menuju terlaksananya pendidikan dan pembelajaran profesional di SD

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan calon tenaga pendidik di tingkat SD yang memiliki: a. kompetensi dan pengetahuan tentang peserta didik SD dan berbagai teori yang mendasari dan mendukung pengkajian keilmuan dan keahlian lulusan pada tataran kompetensi dan materi pembelajaran, metodologi pembelajaran, kultur sekolah dan dinamika kehidupan sekolah, manajemen sekolah, pemberdayaan sekolah, life skills (soft skill, vocational skill, & leadership skill), dan memiliki kepribadian dan budi pekerti luhur, b. sikap humanis dan profesional, yaitu mengoptimalkan semua potensi peserta didik SD untuk dibina menuju kemandirian, c. kemampuan kerja dan tanggung jawab terhadap profesinya di bidang pendidikan guru SD dengan melakukan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pengembangan profesinya.

2. Mengembangkan keilmuan di bidang sekolah dasar melalui penelitian untuk meningkatkan dan mengembangkan keilmuan ke-SD-an yang mutakhir menuju terwujudnya pendidikan sekolah dasar yang lebih bermutu dan berkualitas.

3. Membantu kemaslahatan masyarakat dalam mengatasi persoalan dan pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi peserta didik SD melalui pengabdian kepada masyarakat.

4. Tercipta jaringan kerja sama antarlembaga untuk berlangsungnya pengembangan dan praktik bagi penanganan pendidikan bagi peserta didik SD.

5. Tercipta kegiatan pendukung bagi pembelajaran bidang soft skills dan teknologi informasi yang dibutuhkan oleh profesi pendidik dan peserta didik SD