SEKOLAH PINTAR MERAPI BEM UNY DI POSKO MEGUWO

“Siang bermatahari..Malam berbulan bintang, Itu semua patut disuukuri.Nikmat Illahi
“ Demikian salah satu cuplikan bait lagu yang diajarkan pada anak-anak pengungsi usia PAUD sampai dengan SD yang terletak di Posko GOR Maguwo. Sekolah yang terletak di sisi barat GOR Maguwo,  bernama Sekolah Pintar Merapi dikelola oleh Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta sejumlah 30 relawan dengan didukung para relawan di luar UNY yang peduli pada kebutuhan pendidikan anak-anak pengungsi.

Pidi Winata, Ketua BEM UNY sekaligus pencetus ide Sekolah Pintar Merapi mengatakan sekolahnya sering dikunjungi para tokoh publik. Seperti pada Kamis siang (25/11) lalu, nampak rombongan Putri Bumi Indonesia serta istri Menteri Koperasi dan UKM, Ingrid Kansil berkunjung ke Sekolah Pintar Merapi untuk membagi paket alat tulis kepada anak-anak pengungsi dan mengajari para ibu-ibu membuat ketrampilan dari strimin. “ Nah, begini bu.. striminnya ditusuk dengan benag dengan pola menyilang, nantinya warna benang disesuaikan dengan warna gambar yang ada di strimin ini ya bu....Apabila ibu-ibu telah memiliki ketrampilan ini kelak dapat dipergunakan untuk bekal yang bisa menghasilkan uang ya Bu...,” Ingrid Kansil, yang juga selebritis sekaligus anggota Dewan menyemangati ibu-ib pengungsi.

Selain mengajari para ibu-ibu pengungsi membuat ketrampilan manik-manik menjadi bros dan bunga, serta merajut strimin menjadi hiasan dinding, Ingrid dengan didampingi Bupati Sleman dan para Putri Bumi menanam pohon tepat di halaman Sekolah Pintar Merapi. (ratnae/ls)